Premium, Pertalite dan Pertamax, Mana Lebih Baik Untuk Mobil?

Salah satu komponen penting dari mobil selain mesin tentu saja adalah Bahan Bakar Minyak(BBM) atau yang biasa disebut bensin. Jika tidak ada bensin, mobil secanggih apa pun tidak ada gunanya karena tidak memiliki tenaga untuk berjarlan.

Nah untuk bensin sendiri, ada beberapa macam bensin yang beredar di Indonesia. Umumnya, di Indonesia dikenal 3 bensin yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia secara luas yaitu Premium, Pertalite dan Pertamax.

Premium sendiri merupakan BBM yang disubsidi pemerintah tetapi direncanakan akan dihilangkan dari pasaran karena dianggap tidak bagus untuk kendaraan dalam jangka panjang. Setelah Premium, pemerintah akhirnya mengeluarkan Pertalite yang harganya tidak begitu jauh dari harga Premium tetapi dinilai memiliki kualitas yangl lumayan. Terakhir, ada Pertamax yang harganya lebih mahal dibandingkan Premium dan Pertalite tetapi memiliki kualitas yang jauh lebih baik.

Berbicara tentang 3 BBM ini, apa saja kelebihan dan kekurangan jika menggunakan pada mobil? Mari kita bahas satu persatu mengenai kelebihan dan kekurangan dari BBM tersebut.

Premium

Kelebihan

Premium masih menjadi primadona bagi sebagian besar masyarakat Indonesia baik digunakan untuk sepeda motor maupun mobil. Harganya yang murah karena memang disubsidi oleh pemerintah membuat banyak orang termasuk orang yang seharusnya tidak menggunakan bensin subisidi tersebut menggunakannya.

Kekurangan

Meskipun murah, ternyata Premium menggunakan bahan RON 88 yang kurang bagus untuk mesin.

Premium juga sangat tidak ramah lingkungan karena bisa menyebabkan populasi yang lebih besar ketimbang 2 bahan bakar lainnya. Pembakaran mesin dengan Premium juga kurang maksimal sehingga membuat bensin cenderung lebih boros.

Pertalite

Kelebihan

Pertalite baru dikenalkan pada tahun 2015 silam. Bahan bakar ini digadang-gadang akan menggantikan dominasi Premium yang memang akhir-akhir ini semakin sulit ditemukan.

Kelebihan dari Pertalite sendiri selain cukup murah, mengandung RON 90-92. Kinerja dengan Pertalite juga lebih baik ketimbang Premium. Dan Pertalite juga lebih ramah lingkungan dibandingkan Premium.

Kekurangan

Pertalite merupakan bahan bakar yang tidak disubsidi pemerintah, sehingga untuk harganya bisa berubah tergantung harga minyak dunia.

Pertamax

Kelebihan

Pertamax menggunakan RON 92 dan mampu memaksimalkan kinerja mesin dengan sangat baik bahkan jauh lebih baik ketimbang Pertalite. Proses pembakaran yang dihasilkan oleh Pertamax juga jauh lebih sempurna dan yang juga tak kalah penting – polusi yang dihasilkan oleh Pertamax tidak sebesar Premium maupun Pertalite.

Kekurangan

Harga Pertamax terbilang cukup mahal apalagi jika dibandingkan dengan Premium. Sama seperti Pertalite, Pertamax tidak mendapat subsidi dari pemerintah dan harganya juga bisa berubah tergantung harga minyak dunia.