Lebih Baik Mana, Mobil Matic atau Manual?

Saat ini, mobil memiliki 2 jenis transmisi, manual dan matic. Manual adalah metode penggunaan mobil dengan penggunaan kopling, sementara matic telah menggunakan transmisi auto sehingga lebih menggunakan pengguna tanpa perlu menaik atau menurunkan gigi.

Dari 2 jenis ini timbul pertanyaan, mana yang lebih baik?

Tentu untuk menjawab ini, ita harus mengetahui masing-masing keunggulan dan kekurang dari 2 jenis mobil tersebut. Ada pun mobil-mobil di rental umumnya masih menggunakan manual(tergantung kota tertentu), seperti jasa rental mobil yang ada di Jogja.

Untuk mengukur keunggulan, mari bandingan dari aspek-aspek berikut.

Bahan Bakar Minyak(BBM)

Dari aspek penggunaan mobil, BBM merupakan salah satu faktor krusial yang perlu diperhatikan.

Mesin manual sering kali dianggap lebih irit, ini karena pengguna dapat menggunakan kopling sesuai dengan kebutuhan. Ini yang tidak bisa digunakan pada mobil yang menggunakan mobil matic. Memang ini berlaku pada jalan tertentu, tetapi manual memang lebih bisa diandalkan untuk hal ini – pengguna bisa menyesuaikan sendiri, sedangkan mesin matic tidak bisa.

Perawatan

Harus diakui, bahwa mobil matic memang memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Tidak perlu repot-repot menggunakan kopling seperti mobil manual, tetapi dari segi perawatan – mobil matic memiliki pengeluaran yang terbilang lebih besar dibandingkan dengan mobil manual.

Lagi-lagi, untuk membandingkan dari sisi perawatan, mesin manual juga lebih unggul ketimbang mobil matic.

Kenyamanan

Dari sisi pengguna, mobil manual atau matic memiliki sedikit perbedaan dalam mengendarainya. Bisa dikatakan matic lebih memudahkan pengguna karena tidak perlu repot-repot bermain dengan kopling.

Dari sisi kemudahan matic lebih unggul, tetapi apakah dengan ini dapat dikatakan matic lebih nyaman ketimbang manual? ini tentu saja tergantung pengalaman para pengguna.

Akselerasi

Pengguna mobil matic dimanjakan dengan ‘kenyamanan’ untuk menghadapi kemacetan karena tidak perlu repot-repot untuk menghandle kopling. Mobil matic sendiri memang lebih direpotkan karena harus berganti-ganti kopling, tetapi bagaimana dengan akselerasi?

Mobil matic memiliki akselerasi yang kurang responsif, ini sangat jauh berbeda dengan mobil manual yang sudah memiliki tingkat responsif akselerasi tingkat tinggi.

Dari beberapa perbandingan ini, Anda bisa memutuskan mobil mana yang bisa Anda gunakan baik untuk keperluan pribadi, maupun saat merental mobil dalam berbagai keperluan yang ada. Mana pilihan mu?