Cara Irit BBM Mobil Yang Ampuh

Mengendarai mobil untuk berbagai keperluan memang memerlukan biaya yang lebih besar ketimbang sepeda motor. Tentu saja, mobil memiliki keunggulan lain meskipun harus mengeluarkan pengeluaran seperti BBM yang lebih banyak.

Dengan mobil, kita setidaknya bisa membawa penumpang yang lebih banyak.

Eittss, tapi kali ini kami bukan ingin membahas tentang keunggulan mobil dibandingkan sepeda motor, tetapi yang ingin dibahas adalah bagaimana cara untuk membuat mobil lebih irit BBM.

Memang sebenarnya untuk BBM tergantung dari mesin, tetapi kita bisa mengoptimalkan beberapa hal yang akan dijelaskan nanti sehingga kita bisa mendapatkan hasil untuk pengehamatan BBM mobil.

Nah, jika kamu ingin bepergian dengan mobil baik itu mobil pribadi atau mobil rental – kamu bisa mencoba beberapa tips berikut untuk menghemat BBM.

#1. Isi ulang bensin ketika setengah penuh

Mengapa mengisi BBM mobil saat keadaan setengah penuh bisa menghemat BBM? hal ini karena kita bisa memberikan ruang untuk kandungan udara dalam tangki. Dengan melakukan hal tersebut, kita bisa menekan penguapan bensin.

Bensin merupakan senyawa yang mudah sekali meluap. Dengan mengisi BBM saat tanki dalam keadaan setengah penuh, maka luapan bensin bisa dikurangi. Jadi lebih hemat bukan?

#2. Kendalikan putaran mesin

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menghemat BBM mobil adalah dengan mengendalikan putaran mesin.

Putaran mesin maksimal adalah 3000 rpm. Dari sini, kamu harus bisa mengontrol untuk melakukan putaran yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Dengan mengendalikan putaran mesin di angka 3000 rpm, kamu bisa lebih menghemat bensin.

#3. Penggunaan gigi yang sesuai

Kalau ini khusus hanya untuk mobil manual. Dengan menggunakan mobil manual, kamu bisa melakukan penghematan dengan menyetel gigi sesuai dengan keadaan.

Saat keadaan menanjak, gunakan gigi rendah sehingga mesin bisa mengangkat. Penggunaan gigi yang pada mobil juga mempengaruhi bensin yang digunakna, sehingga perlu mengendalikan gigi yang tepat untuk menghemat BBM pada mobil.

#4. Jangan membawa terlalu banyak beban

Anda harus memperhatikan beban yang dibawa pada mobil. Semakin berat barang yang Anda bawa, ini akan membuat mobil bekerja lebih keras sehingga akan mengkonsumsi bensin yang lebih banyak dibanding biasanya.

#5. Optimalkan tekanan udara ban

Ban merupakan salah satu komponen paling penting dalam mobil, ternyata tekanan udara pada ban juga mempengaruhi BBM.

Dengan mengisi tekanan udara yang tepat pada ban, maka mobil bisa berjalan dengan lebih lancar. Jika ban kurang udara, otomatis akan membuat mobil bekerja lebih keras untuk menjalankan roda.

Nah, coba perhatikan hal-hal kecil diatas. Meskipun hal kecil, tetapi hal kecil ini bisa digunakan untuk menghemat BBM mobil kamu. Selamat mencoba!