Alasan Mobil Manual Lebih Baik Ketimbang Matic

Kehadiran mobil matic membuat masyarakat bisa memilih lebih nyaman dengan metode baru tersebut atau dengan metode yang lebih dahulu atau manual.

Baik mobil matic atau manual, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Sebelumnya kami juga pernah membahas tentang perbandingan dalam artikel yang berjudul “Lebih baik mana, mobil matic atau manual?, ” namun kali ini kami ingin mencoba memberikan beberapa alasan lebih lagi mengapa mobil manual lebih unggul ketimbang mobil matic.

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, keduanya memiliki sisi keunggulan dan kekurangan – tetapi pada artikel ini, kami ingin memberikan alasan mengenai alasan mengenai keunggulan mobil manual.

Ada yang mengatakan bahwa mobil manual sudah kurang diminati, mobil matic dianggap menjadi mobil masa depan lantaran memberikan kemudahan. Tapi tunggu dulu, ini alasan mengapa mobil manual lebih baik ketimbang mobil matic.

#1. Lebih irit

Salah satu keunggulan yang terdapat pada mobil manual adalah lebih irit. Ini bukan sekedar mitos belaka, karena faktanya memang demikian.

Mengendarai mobil matic, kamu tidak bisa mengendalikan secara penuh seperti untuk urusan mengatur RPM. Mobil manual menggunakan kopling dan bisa menyesuaikan dengan keadaan(ketika menanjak atau lainnya). Hal berbeda tidak akan kamu temukan jika menggunakan mobil matic.

Dengan hal tersebut, mobil manual bisa lebih hemat(dalam beberapa kasus) dibandingkan mobil matic.

#2. Lebih murah

Selain lebih irit, mobil manual saat ini dibandrol dengan harga yang relatif lebih murah. Kemudahan yang coba dibawa oleh mobil matic membuat harga dari mobil ini cenderung lebih mahal.

Jika kamu ingin membeli mobil dan mempertimbangkan harga, ada baiknya membeli mobil manual. Perbedaan harga mobil biasa dengan matic dengan kualitas yang hampir sama bisa mencapai 10 juta lho!

#3. Memiliki nilai jual kembali yang baik

Untuk beberapa mobil, harga jual kembali mobil manual masih sangat baik. Mobil manual sendiri masih memiliki banyak peminat, sehingga bagi kamu yang memiliki mobil dengan mesin manual tidak perlu khawatir untuk bisa menjual kembali jika diperlukan.

#4. Ketika mogok, manual bisa didorong

Siapa sih yang mau mogok saat dalam perjalanan, tetapi hal apes seperti ini bisa saja terjadi pada siapa pun.

Untuk masalah seperti ini, mobil manual lagi-lagi lebih unggul ketimbang mobil tipe matic.

Dengan mobil manual, saat mobil mogok maka dengan didorong bisa untuk memancing dinamo untuk hidup. Hal yang sama tidak bisa kamu lakukan pada mobil matic, karena itu justru akan merusak mesin mobil.

Nah, 4 keunggulan mobil manual ini merupakan hal yang bisa dianggap remeh bukan. Jadi, kamu tipe pecinta mobil manual atau mobil matic?